Selasa, 01 Desember 2009

RPP SKI MAN UNAAHA by HERMI IRAWATI,S.Ag

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Kemampuan mendeskripsikan , mengidentifikasikan dan
Mengevaluasi sejarah Islam di Andalusia dan mengambil
Hikmahnya.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan sejarah Daulah Umayyah II di andalusia
Indikator :
a. Menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Islam di Andalusia
b. Menjelaskan perluasan kekuasaan Islam di Andalusia
c. Menjelaskan awal berdirinya kekuasaan Islam


I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi ini siswa di harapkan:
dapat menjelaskan proses masuknya dan berkembangnya Islam di Andalusia.
dapat menjelaskan perluasan kekuasaan Islam di Andalusia.
dapat menjelaskakn awal berdirinya kekuasaan Islam di Andalusia.

II. Materi Pembelajaran

- Daulah Bani Umayyah II

III.Metode Pembelajaran
A. Model : Kooperatif Tipe Jigsow
B. Metode : 1. Ceramah
2. Diskkusi
3. Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1. Membuka kegiatan pembelajaran dengan membaca basmalah, do’a
2. Mengadakan appersepsi
-dengan tanya jawab di arahkan untuk memahami tentang Sejarah Daulah Bani umayyah II
3. Memberikan motivasi
- Penjelasan tentang pentingnya seorang muslim memahami Daulah Bani Umayyah II.
4. Intoroduksi.
-Penjelasann tentang tujuan pembelajaran
- Pengenalan materi pembelajaran
- Penjelasan langkah dan prosedur kegiatan pemmbelajaran.
B. Kegiatan inti (70 menit)
1. Siswa dikelompokkan kedalam 5 anggota tim
2. Tiap orang di dalalm tim di berikan meteri yang berbeda
3. tiap orang didalam tim di beri bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian / sub bab yang sama
bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab yang ditugaskan
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali kekelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim, setiap sub bab yang mereka kuasai , dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
6. Tiap tim ahli mempresentasekan hasil diskusinya.
7. Guru memberi penguatan
8. Penutup
C .Kegiatan Penutup.(10 menit)
a. Mengadakan tes akhir secara lisan tentang materi yang di pelajari dan siswamengungkapkan pemahaman dengan bahasanya sendiri.
b. Pemberian tugas untuk pengembangan pemahaman siswa
c. Menutup kegiatan pembelajaran dengan membaca hamdalah .

V. Sumber Belajar :
1. Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII MA
2. Sejarah Sosial Ummat Islam Ira M.Lafidus.Pen.bagian ketiga PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

VI. Penilaian.
A. Penilaian Proses
Penilaian proses dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan :
1. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran (melalui pengamatan)
2. Daya serap setiap siswa terhadap materi pelajaran melalui tes lisan informatif.
B. Penilaian Hasil Belajar.
Penilaian hasil belajar dilaksanakan dengan tes tertulis dalam ulangan harian di akhir KD.

Instrumen :
1. Jelaskan proses masuknya dan berkembangnya Islam di Andalusia.
2. Jelaskan perluasan kekuasaan Islam di Andalusia
3. Menyebutkan peristiwa awal berdirinya kekuasaan Islam di Andalusia
4. Menjelaskan hikmah dari masuknya Islam di Andalusia.


Kunci Jawaban :
1. Islam telah sampai ke Andalusia (Spanyol) pada masa Khalifah Walid bin Abdul Malik dari dinasti Umayyah. Tokoh Islam yang sangat terkenal sebagai pembawa Islam di Eropa (andalusia ) adalah Tariq bin Ziyad yang diutus oleh gubernur Afrika Utara Musa bin Nussair atas seizin khalifah Wlid bin Abdul Malik untuk memenuhi permintaan rakyat Andalusia untuk memerangi penguasa andalusia yang terkenal zalim.
2. Perluasan kekuasaan Islam di Andalusia (Semenanjung Iberia) meliputi Salamanca,Toledo, Valencia, Kordoba, Sevilla, Granada, Malaga
3. Awal berdirinya kekuasaan Islam di Andalusia yaitu ketika Abdurrahman ad-Dakhil keturunan Bani Umayyah berhasil meloloskan diri dari kejaran Dinasti Abbasiyah. Ia berhasil menyeberang ke Spanyol dan memasuki Andalusia. Ia berhasil mengatasi perberontakan dan pertikaian dari musuh-musuh atas dukungan suku yaman sehingga ia mendirikan Dinasti Umayyah II yang merdeka dari kekuasaan Dinasti Abbasiyah
4. Hikmah dari masuknya Islam di Andalusia antara lain:
1. Islam dengan mudah diterima di Andalusia karena paenguasa Andalusia sangat kejam.
2. Dengan masuknya Islam , Andalusia menjadi negara Islam yang kuat, megah,dan berkeadilan
3. Andalusia pada masa kejayaannya menjadi pusat belajar filsafat,kedokteran, ataupu ilmu alam oleh sarjana eropa.




Skor Penilaian
Soal nomor 1,2 masing-masing bobotnya 5
Soal nomor 3, 4 masing-masing bobotnya 6

Skor maksimum 22

Nilai perolehan x 10 =
22





Unaaha, 2009
Mengetahui
Kepala MAN 2 Kendari Guru Bidang Studi



Dra. H. Abd.Malik,M.Pd Hermi Irawati SB,S.Ag
NIP.19560414197903 1 005 NIP 19730802 200312 200 1


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS / SEMESTER : XII/ I
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT


STANDAR KOMPETENSI : Menganalisis gerakan modernisasi dunia Islam, latar belakan dan dampaknya.
KOMPETENSI DASAR : Menganalisis proses masuknya imprealisme ke Dunia Islam.
INDIKATOR :
1. Menjelaskan keadaan dunia Islam saat kedatangan penjajah.
2. Menyebutkan motivasi dan tujuan bangsa Barat menjajah negara-negara Islam.
3. Menyebutkan beberapa negara wilayah yang dikuasai bangsa Barat.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan
1. Dapat menjelaskan keadaan dunia Islam saat kedatangan penjajah
2. Dapat menyebutkan motivasi dan tujuan bangsa Barat menjajah negara-negara Islam
3. Dapat menyebutkan beberapa wilayah yang dikuasai bangsa Barat

II. MATERI PEMBELAJARAN

- Imprealisme ke Dunia Islam

III. METODE PEMBELAJARAN

i. Model : Examples Non Examples
ii. Metode : - Ceramah
- Diskuasi
- Tanya jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Pendahuluan (5 menit )
1. Membuka kegiatan pembelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah,membaca surat pendek.
2. Mengadakan appersepsi
- dengan tanya jawab diarahkan untuk memahami keadaan dunia Islam saat masuknya imprealisme barat

3. Memberikan motivasi
Tentang pentingnya mengetahui keadaan dunia Islam saat masuknya imprealisme barat
4. Introduksi
- penjelasan tentang pembelajaran
- pengenalan materi pembelajaran
- penjelasan langkah dan prosedur kegiatan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (75 menit )
1. Siswa dikelompokkan kedalam 5 anggota tim
2. Siswa menonton CD tentang peradaban Islam seri 3
3. Tiap-tiap kelompok memperhatikan pemutaran CD
4. Tiap kelompok yang telah memperhatikan pemutaran CD mendiskusikan mengenai hal-hal yang telah mereka simak.
5.Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli dari masing-masing tim mempresentasekan hasil diskusi
6. Setelah tiap-tiap tim selesai mempresentasekan dan akhirnya tiap-tiap tim memberikan kesimpulan
7. Guru memberi penguatan
8. Penutup
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Mengadakan tes akhir secara lisan tentang materi yang dipelajari dan siswa mengungkapkan pemahaman dengan bahasanya sendiri
b. Pemberian tugas untuk pengembangan pemahaman siswa
c. Menutup kegiatan pembelajaran dengan memmbaca hamdalah

V. SUMBER BELAJAR :
1. SKI
2. Kaset CD Peradaban Islam seri 3
VI. PENILAIAN :
A. Penilaian Proses
Penilaian proses dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan memperhatikan.
1. aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran (melalui pengamatan)
2. Daya serap setiap siswa terhadap materi pembelajaran melalui tes lisan informatif
B. Penilaian Hasil belajar
Penilaian hasil belajar dilaksanakan dengan tes tertulis dalam ulangan harian diakhir KD

Instrumen
1. Jelaskan keadaan dunia Islam saat kedatangan penjajah
2. Sebutkan motivasi dan tujuan bangsa barat menjajah negara-negara Islam
3. Sebutkan beberapa negara wilayah yang dikuasai bangsa Barat.


Kunci Jawaban :

1. Penjajahan yang dilakukan bangsa Barat atas dunia Islam menyebabkan berbagai dampak negatif, yaitu keterbelakangan dan kebodohan. Pemaksaan ideologi kaum kolonial akhirnya memunculkan perlawanan untuk merebut kembali kemerdekaan.
2. Kedatangan bangsa Barat ke Dunia Timur yang mayoritas berpenduduk muslim memiliki motivasi yaitu : motivasi politik, ekonomi, dan agama serta dengan gold, glory, dan gospel.
3. Beberapa wilayah Islam yang jatuh ke tangan penjajah bangsa Barat antara lain :
1. Kerajaan Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun 1511 M.
2. Indoneia jatuh ke tangan Belanda pada tahun 1602 M
3. Mesir jatuh ketangan Bonaparte dari Perancis dari Perancis pada tahun 1789-1802 M

Skor Penilaian
Masing-masing nomor bobotnya 6
Nilai perolehan x 10 =
18

Unaaha, 2009
Mengetahui,
Kepala MAN 2 Kendari Guru Bidang Studi

Drs.H.Abd. Malik,M.Pd Hermi Irawati SB,S.Ag
NIP.19560414197903 1 005 NIP 19730802 200312 200 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : SKI
KELAS / SEMESTER : XII/I
TAPEL : 2009/2010
ALOKASI WAKTU : 2X 45 MENIT

STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis gerakan modernisasi dunia Islam, latar belakang dan dampaknya.

KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi sebab dan dampak penjajahan Barat atas dunia Islam

INDIKATOR
1. Menjelaskan dampak penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam dalam bidang politik dan ekonomi.
2. Menjelaskan dampak penjajahan bangsa barat atas dunia Islam dalam bidang ilmu pengetahuan.
3. Mengambil ibrah dari imprealisme tersebut

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan
1. Menjelaskan dampak penjajahan bangsa barat atas dunia Islam dalam bidang politik dan ekonomi
2. Menjelaskan dampak penjajahan bangsa barat atas dunia Islam dalam bidang ilmu pengetahuan
3. Mengambil ibrah dari imprealisme barat

II. MATERI PEMBELAJARAN
- Dampak penjajahan bangsa barat atas dunia Islam

III. METODE PEMBELAJARAN
A. Model : Debate
B. Metode : 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
1. Membuka kegiatan pembelajaran dengan bersama-sama membaca do’a
2. Mengadakan appersepsi
- Dengan tanya jawab diarahkan untuk memahami tentang dampak penjajahan barat atas dunia Islam
3. Memberikan motivasi
- Penjelasan tentang dampakan pentingnya kita mengetahui dampak penjajahan barat atas dunia islam
4. Introduksi
- Penjelasan tentang tujuan pembelajaran
- pengenalan materi pembelajaran
- Penjelasan langkah dan prosedur kegiatan pembelajaran

B. Kegiatan Inti (70 menit)
1. Guru membagi dua kelompok peserta debat yang satu Pro dan yang lainnya Kontra.
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok
3. Setelah membaca guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnyasampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapat
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis . Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
5. Guru menambah konsep/ide yang belum terungkap
6. Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa mebuat
kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada TPK yang ingin dicapai
7. Guru memberi penguatan.

C. Kegiatan penutup (10 menit)
a. Mengadakan tes akhir lisan tentang materi yang dipelajari dan siswa mengungkapkan pemahaman dengan bahasa sendiri.
b.. Menutup kegiatan dengan membaca hamdalah (do’a jika pada jam terakhir)

V. SUMBER BELAJAR
1. Buku SKI
2. Sejarah social umat Islam Ira M.Lafidus Pen.PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta



VI. PENILAIAN
A. Penilaian Proses
Penilaian proses dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan memperhatikan :
1. Aktifitas siswa selama kegiatan pembelajaran.
2. Daya serap setiap siswa terhadap materi pelajaran melalui tes lisan informatif

B. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar di laksanakan dengan tes tertulis dalam ulangan harian di akhir KD.

INSTRUMEN :
1. Jelaskan dampak penjajahan Bangsa Barat atas dunia Islam dalam bidang Politik dan Ekonomi.
2. Menjelaskan dampak penjajahan Bangsa Barat atas dunia Islam dalam bidang ilmu pengetahan
3. Menjelaskan Ibrah dari imprealisme barat

Kunci Jawaban:

1. Dampak dalam bidang politik dan ekonomi adalah penderitaan rakyat akibat penjajahan bangsa Barat yang menghalalkan segala cara untuk menindas dan mengeruk keuntunngan.
2. Dampak penjajahan dalam bidang ilmu pengetahuan adalah bangsa barat menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi yang dihasilkan oleh orang muslim dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dari dunia muslim ke bangsa Barat Kristen.
3. Ibrah dari imprealisme Barat terhadap dunia Islam adalah sebagai berikut :
1. Kita harus menata perekonomian bangsa dengan kuat.
2. Kita harus menjaga dan melestarikan kebudayaan Islam yang merupakan warisan peradaban dari masa dahulu.
3. Kita harus membendung segala imprealisme dan mempertahankan tanah air kita.





Skor penilaian

Nomor 1,2,3 Bobotnya masing-masing 5

NilaI = Nilai perolehan x 10
15





Unaaha, 2009
Mengetahui
Kepala MAN 2 Kendari Guru Bidang Studi




Drs.H.Abd.Malik,M.Pd Hermi Irawati SB,S.Ag
NIP.19560414197903 1 005 NIP 19730802 200312 200 1



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA

MATA PELAJARAN : SKI
KELAS / SEMESTER : XII/I
TAPEL : 2009/2010
ALOKASI WAKTU : 2X 45 MENIT


STANDART KOPETENSI : Menganalisis gerakan pembaharuan Wahabi
KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan gerakan pembaharuan Wahabi
INDIKATOR :
Menjelaskan secara singkat Biografi Muhammad bin Abdul Wahab
Menjelaskan usaha pembaharuan pemikiran Muhammad Abdul bin Wahab dalam bidang aqidah dan syariat.
Menjelaskan pemikiran-pemikiran Muhammad Abdul Wahab


I . TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah siswa mempelajari materi ini siswa diharapkan ;
1. Menjelaskan secara singkat Biografi Muhammad bin Abdul Wahab
2. Menjelaskan usaha pembaharuan pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab dalam bidang aqidah dan syariat
3. Menjeaskan pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab

II. MATERI PEMBELAJARAN
- Gerakan Wahabi

III.METODE PEMBELAJARAN
A. Model : Tim Pendengar ( Listening team)
B. Metode : Ceramah, Diskusi dan tanya jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
Salam, basmalah dan do’a,serta membaca/menghafal surat pendek
Apersepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (70 menit )
Siswa dibagi ke dalam empat kelompok. Setiap kelompok mempunyai peran dan tugas sendiri-sendiri.
Kelompok I (sebagai kelompok penanya) bertugas membuat pertanyaan yang didasarkan pada materi yang telah disampaikan oleh guru.
Kelompok 2 (Sebagai kelompok setuju) bertugas menyatakan poin-poin mana yang disepakati dan menjelaskan alasannya.
kelompok 3 (sebagai kelompok tidak setuju) bertugas mengomentari poin mana yang tidak disetujui dan menjelaskan alasannya.
Kelompok 4 (sebagai pembuat contoh) bertugas membuat contoh atau aplikasi materi yang baru disampaikan guru.
Setelah selesai, kelompok-kelompok tersebut diberi waktu untuk melaksanakan tugas sesuai dengan yang ditetapkan.
Tugas guru hanya memberikan pengarahan agar empat kelompok tersebut mengemukakan tugasnya dengan baik..Selain itu, guru juga memberikan komentar jika ada pendapat kolompok yang menyimpang terlalu jauh dari materi.
8. Pemberian kesimpulan dan perbaikan dengan bimbingan guru.
C. Kegiatan Akhir (10 menit )
a. Tanya jawab tentang materi pembelajaran untuk mengukur sejauh mana daya serap siswa
b. Refleksi dan penguatan
c. Penugasan
d. Do’a penutup pembelajaran.

V . SUMBER BELAJAR
Buku SKI, Ensiklopedi Islam

VI. PENILAIAN
Penilaian proses : dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan memperhatikan : aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran (melalui pengamatan) dan daya serap siswa terhadap materi pelajaran melalui tes lisan informatif
Penilaian Hasil Belajar : dilaksanakan dengan tes dalam ulangan harian di akhir KD.
Instrumen :
Jelaskan secara singkat biografi Muhammad bin Abdul Wahab
Jelaskan usaha pembaharuan pemikiran Muhammad bin Abdul wahab dalm bidang aqidah dan syariat.
Jelaskan pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab

Kunci Jawaban :

1. Muhammad bin Abdul Wahab lahir di Uyainah, daerah Nejed pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H (1703 -1787 M). Ayahnya seorang ulamabesar ahli fiqih yang banyak mendidiknya. Sejak kecil ia sudah mampu menghafal Alqur’an 30 juz.

2. 1. Tauhid adalah pemahaman tentang ketuhanan yang mampu memurnikan akidah Islam yang dikehendaki Allah dan rasulnya.
2. Tidak ada perkataan seorang pun yang patut dijadikan dalil dalam agama Islam, melainkan firman Allah dan sunnah Rasullullah saw.
3. Taklid kepada ulama tidak dibenarkan
4. Pintu ijtihad terbuka sepanjang masa dan tidak pernah tertutup.
5 .Syirik dalam segala bentuk, khurafat dan takhayul harus dikikid habis.
6. Ia menghendaki sistem pendidikan diubah dengan sistem yang dinamis dan kreatif.
3. Pola kerangka berpikir Muhammad bin abdul wahab terhadap Alqur’an dan sunnah menyatakan bahwa wibawah keduanya adalah mutlak. Adapun akal hanya berfungsi sebagai instrumen atau alat untuk memahami maksud-maksud nas.



Skor Penilaian :
Nomor 1,2,3, bobotnya masing-masing 6
Nilai = Nilai perolehan x 10
18



Unaaha, 2009
Mengetahui
Kepala MAN 2 Kendari Guru Bidang Studi


Drs.H.Abdul Malik,.Pd Hermi Irawati SB,S.Ag
NIP.19560414197903 1 005 NIP 19730802 200312 200 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : SKI
KELAS / SEMESTER : XII/II
TAPEL : 2009/2010
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT


STANDAR KOMPETENSI :
Kemampuan mengidentifikasi, mengenal,dan mendeskripsikan perkembangan Islam di Indonesia dan mengambil hikmahnya.

KOMPETENSI DASAR :
Mendeskripsikan proses masuknya Islam di Indonesia

INDIKATOR :
1. Menjelaskan proses waktu masuknya Islam di indonesia
2. Menjelaskan proses penyebaran Islam di Indonesia
3. Menjelaskan pengaruh Islam terhadap peradaban Bangsa Indonesia

I . TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajarai materi ini siswa dapat :
Menjelaskan proses waktu masuknya Islam di Indonesia
Menjelaskan proses penyebaran islam di Indonesia
Menjelaskan pengaruh islam terhadap peadaban Bangsa Indonesia

II . MATERI PEMBELAJARAN
Islam di Indonesia

III. METODE PEMBELAJARAN
A. Model : STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS)

B. Metode : 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
- Salam, basmalah, dan do’a.
- Appersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti ( 70 menit)
- Membentuk 5 kelompok yang anggotanya heterogen (Campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku dll)
- Guru menyajikan pelajaran
- Guru memmberi tugas kepada kelompok untuk dikejakan oleh anggota-anggota kelompok. yang lain sampai semua anggotanya dalam kelompok mengerti.
- Guru memberi Kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
- Memberi evaluasi
- Kegiatan Akhir (10 menit )
- Refleksi dan penguatan
- Penugasan
- Doa penutup pembelajaran

V . SUMBER BELAJAR
- Buku SKI
- Ensiklopedi Islam
- Buku yang relevan
V. PENILAIAN
- Teknik : Tes tertulis/llisan (dikondisikan)
- Bentuk : Uraian bebas
- Instrumen Soal

1. Jelaskan waktu masuknya Islam ke Indonesia
2. Jelaskan proses penyebaran Islam di Indonesia
3. Jelaskan pengaruh Islam terhadap peradaban bangsa Indonesia

Kunci Jawaban :

Sejarawan telah memberikan beberapa pendapat tentang waktu masuknya Islam di Indonesia sebagai berikut :
Agama Islam telah masuk ke Indonesia pada abad 1 H atau abad ke- 7 M dan dibawa para saudagar Arab yang berdagang di Tiongkok.
b. Agama Islam masuk ke Indonesia, tepatnya di daerah Aceh, pada pertengahan abad ke-7 Hijriah (ke-12 M). Hal ini dibuktikan melalui kedatangan seorang mubalig bernama abdullah arief pada tahun 1151 M ke wilayah Aceh.
Berdasarkan hasil seminar nasional tentang masuknya Islam ke Indonesiayang diadakan di Medan pada tahun 1963 disimpulkan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke—1 H (abad ke-7 M) secara langsung dari tanah Arab. Daerah yang pertama kali menjadi tempat masuknya Islam adalah pesisir Sumatrra.

Proses penyebaran Islam di Indonesia terjadi melaluui beberapa cara, yaitu perdagangan, perkawinan, pndidikan, politik, tasawuf dan kebudayaan.
Pengaruh Islam terhadap bagsa Indonesia dapat dibedakan menjadi beberapa hal berikut :
Pengaruh Adat Istiadat
Pengaruh Kesenian
Pengaruh Bahasa dan Nama
Pengaruh Politik




Skor Penilaian

Nomor 1 bobotnya 6
Nomor 2,3 bobonya 5
Skor maksimum 16

Nilai = Nilai perolehan X 10
16






Unaaha, 2009

Mengetahui,
Kepala MAN 2 Kendari Guru Bidang Studi




Drs.H.Abd .Malik,M.Pd Hermi Irawati SB,S.Ag
NIP.19560414197903 1 005 NIP 19730802 200312 2001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar